LIPUTAN

VISI LPPM STT GARUT

Menjadi pengelola penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengoptimalkan sumber dayanya untuk menciptakan luaran di bidang kerekayasaan yang berdaya saing global berbasis kearifan lokal pada Tahun 2030

Program Kursus Bina Usaha


Pada semester ganjil 2019/2020, Sekolah Tinggi Teknologi Garut melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk Kursus Bina Usaha. Kegiatan tersebut merupakan realisasi kerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Garut dan Relawan TIK Indonesia. Kegiatan dilaksankaan sebagai tindak lanjut ajakan Gubernur kepada Pramuka di Jawa Barat untuk terlibat dalam program Desa Digital, di mana anggota Pramuka diharapkan dapat berperan sebagai wirausahawan dan administrator sistem di desa. Kegiatan juga merupakan upaya mewujudkan rintisan Satuan Karya Informatika di kabupaten Garut yang didorong oleh Relawan TIK Indonesia.

Jumlah pendaftar adalah 42 orang dari kalangan Pramuka dan selainnya, dan jumlah peserta diterima sebanyak 34 orang. Peserta mengikuti kegiatan kursus dua pertemuan setiap hari Sabtu dari empat belas pertemuan yang disediakan, dari tanggal 28 September sampai dengan 16 November 2019 di Area 306 Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Materi dibagi menjadi tiga tahapan, yakni 1) purwa dengan fokus materi pada TIK dasar penunjang digital preneurship; 2) madya dengan fokus materi pada penyediaan lapak dan konten digital; dan 3) utama dengan fokus pada transaksi elektronik. Sebanyak 27 narasumber terlibat dalam kegiatan tersebut. Narasumber berasal dari kalangan dosen berbagai program studi di Sekolah Tinggi Teknologi Garut, pejabat pemerintahan dari Diskominfo Garut dan Diskop UMKM Garut, serta perusahaan dari Biznet dan CeteringGarut.Com.

Peserta melaksanakan tugas pengabdian berupa pendampingan anggota Pramuka Siaga dengan melaksanakan kegiatan literasi digital di Sekolah Dasar dan Madrasah. Sebanyak 16 peserta berhasil menuntaskan kegiatan kursus sampai pada jenjang Utama dengan rata-rata kenaikan pengetahuan dari tahu (73,75) menjadi sangat tahu (83,04). Peserta terbaik putera adalah Ade Chandra dari Kwarran Cikajang dengan skor 100, dan peserta terbaik puteri adalah Bunga Cantika Ahyadi Putri dari Kwarran Sukawening dengan skor 93,43.


Kegiatan ditutup pada tanggal 30 November 2019 dalam kegiatan Seminar dan Pelatihan Nasional Relawan TIK Abdi Masyarakat II. Dalam penutupan tersebut, diserahkan piagam penghargaan secara simbolik kepada perwakilan Narasumber, dan sertifikat kepada perwakilan peserta.


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Kantor Digital LPPM STTG. Designed by OddThemes