LIPUTAN

VISI LPPM STT GARUT

Menjadi pengelola penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengoptimalkan sumber dayanya untuk menciptakan luaran di bidang kerekayasaan yang berdaya saing global berbasis kearifan lokal pada Tahun 2030

Workshop Google Classroom bagi Guru Sekolah Dasar di Cibatu Garut

Pada hari Rabu, 5 Agustus 2020, bertempat di SDN Kertajaya 1 Cibatu Garut, dilaksanakan Workshop TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan tema Pemanfaatan Google Classroom dalam Praktek Pembelajaran Jarak Jauh. Kegiatan merupakan kerjasama Gugus 2 SDN 1 Wanakerta dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Kegiatan ini diikuti oleh guru sekolah di lingkungan Gugus Wanakerta 2. 

Dalam sambutannya, Dra Ajam Jamilatul, S.Pd selaku Ketua Gugus menyambut baik inisiatif kerjasama Sekolah Tinggi Teknologi Garut dalam upaya peningkatan kapasitas guru tersebut. Aep Saepudin, S.Pd, M.M selaku Koordinator Wilayah bidang Pendidikan Kecamatan Cibatu menyambut baik inisiatif Workshop PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang pertama di wilayah Cibatu, dan menyampaikan amanat kepada sejumlah Kepala Sekolah yang hadir dalam acara pembukaan untuk memperhatikan kondisi siswa dalam penerapan TIK. Pengetahuan guru terhadap praktek PJJ sangat diperlukan untuk mengikuti perkembangan zaman. Pemanfaatan Google Classroom merupakan tahap berikutnya setelah pemanfaatan komunitas maya seperti Whatsapp dalam praktek PJJ. Walau demikian, sekolah diharapkan tidak perlu menerapkan PJJ sekiranya akses siswa terhadap TIK (smartphone dan internet) masih terbatas. Sesi pembukaan ditutup dengan do'a, dipimpin oleh Dede, S.Pd.I selaku Kepala SD al-Ijtihad.  

Bertindak sebagai instruktur dalam kegiatan tersebut adalah Usep Sutandi,S.Pd., M.M. dari SDN Kertajaya 1 yang menyajikan materi pembekalan Literasi Digital. Materinya bersumber dari kegiatan Pengabdian Terprogram Kursus Bina Usaha yang diselenggarakan selama satu semester oleh Sekolah Tinggi Teknologi Garut pada semester ganjil 2019/2020 lalu bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Garut, serta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten Garut. Instruktur lainnya adalah Rinda Cahyana, S.T., M.T. dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang menyajikan materi pengenalan Google Classroom. Materi Google Classroom tersebut sama dengan materi IHT Google Classroom yang sebelumnya disampaikan di SMK Negeri 2 Garut. Kegiatan ini merupakan upaya Sekolah Tinggi Teknologi Garut membantu pemerintah yang mengeluarkan kebijakan pembelajaran daring yang dapat dilaksanakan oleh sekolah di masa Pandemi Covid-19.


Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LPPM STT-Garut. Designed by OddThemes