LIPUTAN

VISI LPPM STT GARUT

Menjadi pengelola penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengoptimalkan sumber dayanya untuk menciptakan luaran di bidang kerekayasaan yang berdaya saing global berbasis kearifan lokal pada Tahun 2030

Mengebangkan Cara Berfikir Komputasi dengan Bebras Challenge


Piagam Kerjasama STTG dengan NBO (National Bebras Organization) Indonesia ditandatangani pada tanggal 1 Oktober 2016. NBO Indonesia berafiliasi dengan NBO internasional di mana kegiatannya fokus pada pengembangan kemampuan cara berfikir komputasi. Dengan demikian kerjasama tersebut sudah mengarah ke jejaring global sesuai dengan visi global STTG. LPPM berperan sebagai pelaksana Kerjasama, merencanakan kegiatan dan menyiapkan sumber daya kegiatannya.

Kegiatan kerjasamanya telah berkontribusi kepada STTG, mengisi standar 7 dalam borang akreditasi. Kegiatan yang telah dlaksanakan sejak ditandatangani piagam tersebut di antaranya adalah Bebras Challenge tahunan yang diikuti oleh murid sekolah dasar hingga menengah atas se Indonesia, melibatkan dosen dan mahasiswa STTG sebagai pelaksana kegiatan. Kegiatan tingkat nasional tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat, di mana STTG membantu pemerintah pusat dalam meningkatkan kemampuan informatika masyarakat Indonesia.

STTG merupakan satu-satunya Sekolah Tinggi pertama yang ditunjuk oleh NBO sebagai biro daerah, dan satu satunya biro di Priangan Timur. Umumnya perguruan tinggi yang menjadi biro adalah universitas besar di Indonesia seperti ITB, ITS, UI, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan hasil interaksi dengan ibu Inggriani Liem di ITB pada tahun 2016 dalam kesempatan membantu program Kemenkominfo RI yang bertajuk Agen Perubahan Informatika.

NBO terlibat aktif dalam perumusan Permendikbud Matpel Informatika yang diberlakukan tahun lalu. Bebras Challenge akan menjadi alat ukur kemampuan siswa setelah mengikuti Matpel tersebut. Dengan demikian STTG menjadi salah satu tempat di Indonesia utk mengukur kemampuan siswa tersebut. Agar Matpel tersebut dapat diterapkan di sekolah dengan baik, Kemendikbud RI melaksanakan pemberdayaan guru Matpel Informatika. NBO diminta untuk ikut serta dengan mengirimkan SDM nya dalam kegiatan tersebut. Salah satu SDM yang dipercaya oleh Kemendikbud RI adalah koordinator biro STTG.

Sekarang ini kegiatan pemberdayaannya dilaksanakan di ibu kota provinsi. Ke depan pemberdayaan dilakukan di kabupaten/kota. Secara khusus NBO mengamanatkan kepada seluruh bironya agar dapat menjadi pusat pemberdayaan guru dan siswa informatika, mewujudkan mimpi FORMIGA (Forum Masyarakat Informatika Garut) STTG tahun 2016. Secara tidak langusung hal tersebut menjadi jalan bagi STTG untuk menjadi satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Garut yang dipercaya oleh Kemendikbud RI untuk menjadi pusat pemberdayaan guru dan siswa informatika. Hal tersebut merupakan tiket gratis interaksi STTG dengan komunitas pendidik dan peserta didik informatika yang sangat luas. Interaksi tersebut merupakan personel branding kampus yang berpotensi memberikan kontribusi calon mahasiswa baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LPPM STT-Garut. Designed by OddThemes