LIPUTAN

VISI LPPM STT GARUT

Menjadi pengelola penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu mengoptimalkan sumber dayanya untuk menciptakan luaran di bidang kerekayasaan yang berdaya saing global berbasis kearifan lokal pada Tahun 2030

Silaturahmi Ketua APTIKOM Pusat


Jum’at, 3 Januari 2019, prof Zainal A. Hasibuan (Ucok) dalam kapasitas selaku ketua umum pengurus pusat APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) bersilaturahmi ke kampus Sekolah Tinggi Teknologi Garut, salah satu member institusi APTIKOM. Pimpinan perguruan tinggi dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut dan AMIK Garut menghadiri pertemuan hasil komunikasi Direktur Operasional APTIKOM Pusat dengan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Teknologi Garut tersebut.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan dalam proses pembelajaran harus diubah dari terlalu banyak teori di kelas menjadi kombinasi online-offline dan inclass-outsideclass dengan menguatkan kemampuan problem solving terkait local problem. Pembelajaran harus memberikan lima kompetensi kepada peserta didik: 1) problem solving, 2) creative thinking, 3) critical thinking, 4) team building, dan 5) resources management.

Beliau mendorong Sekolah Tinggi Teknologi Garut utk membentuk pusat kajian multidisiplin yang berfokus pada topik / local problem yg dapat dikerjakan oleh program studi Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika, serta program studi relevan di kampus lain. Di antara local problem yang dapat diselesaikan dengan pendekatan industry 4.0 antara lain terkait manajemen sampah, UMKM, pariwisata, dan lain sebagainya.

Ada sejumlah penelitian di Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang telah mengangkat masalah tersebut secara mono disiplin menuju multi disiplin. Secara khusus peneliti Sekolah Tinggi Teknologi Garut sedang menyiapkan TIGER Society Framework sebagai panduan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berpusat pada pariwisata. Upaya tersebut menyentuh layanan saling silang di antara bidang Tourism industry, supporting Industry, Government, Education, dan Religious. Efisiensi layanan diupayakan melalui pemanfaatan TIK yang secara keseluruhan harus berdampak pada peningkatan kepuasan wisatawan khususnya dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Di antara hasil upaya tersebut dalam bidang informatika sebagaimana tersaji di situs web etalase hasil penelitian Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Kantor Digital LPPM STTG. Designed by OddThemes